Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Postingan Populer

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Mahasiswa Prodi PMI menjadi fasilitator dalam Pendampingan Pelayanan di Panti Jompo Kota Parepare

  Panti jompo kota Parepare atau biasa disebut Pusat Pelayanan Sosial Lanjut Usia (PPSLU) Mappakasunggu Parepare Dinas Sosial Provinsi Sulaw...

 



Panti jompo kota Parepare atau biasa disebut Pusat Pelayanan Sosial Lanjut Usia (PPSLU) Mappakasunggu Parepare Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan. Yang bertempat tinggal di Jl. Jendral Sudirman No. 10 A Kota Parepare. Yang mempunyai Visi Menjadikan UPTD PPSLU Mappakasunggu Parepare terbaik dalam pelayanan social.Dengan Misi Memberikan pelayanan social yang professional dan bermutu. Mengaktifkan bimbingan dan penyuluhan perorangan bagi binaan lanjut usia. Menjalin kordinasi yang baik terhadap pihak-pihak terkait (Stake Holders) guna terpenuhinya kebutuhan pelayanan social lansia.berdiripada tahun 1980 anyang merupakan bagian dari Dinsos Provinsi SulSel yang lebih focus ke Lansia (Lanjut Usia).
Mahasiswa prodi Pengembangan Masyarakat Islam bersama Pengurus Panti Jompo PPLSU serta Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak bekerjasama dalam melakukan kegiatan pelayanan kepada para lansia. Adapun jumlah lansia yang ada di panti jompo Mappakasunggu Parepare yaitu sebanyak 75 lansia yang terdaftar secara administrasi tetapi yang aktif atau tinggal di Panti Jompo sebanyak kurang lebih 50-an lansia. Di panti jompo lansia tinggal yang disebut namanya wisma.Ada sekitaran 12 wisma dan dua diantaranya adalah ruang Isolasi yang layak dihuni oleh lansia tersebut, dalam satu wisma mempunyai 5 kamar yang dapat dihuni oleh lansia sekitaran 5/10 orang dalam satu wisma. Dan mempunyai dua WC didalamnya setiap wisma.
Banyak jenis pelayanan yang ada di panti jompo Mappakasunggu Parepare diantaranya yaitu Pelayanan Fisik ( Pengasramaan, permakanan, dan pakaian), Pelayanan Keagamaan (Bimbingan Rohani dan tuntunan beribadah), Pelayanan Sosial (Bimbingan individu dan kelompok), Pelayanan Keterampilan (Kegiatan penyaluran bakat/hobi dan pengisian waktu luang, Pelayanan Kesehatan (Pemeriksaan rutin dari petugas puskesmas dan pemberian obat ringan) dan Pelayanan Pemakaman (Pengurusan jenazah).
Mahasiswa PMI memiliki peran dalam melakukan pendampingan membantu petugas dalam hal memberikan makanan 3 kali dalam sehari untuk para Lansia. Diwaktu pagi para lansia diberikan bubur dan diberi minuman air panas berupa kopi atau teh tergantung para lansia tersebut. Kemudian pada waktu menjelang shalat dhuhur diberikan lagi makan siang dengan menu yang sama untuk makan malam nanti. Selain itu, ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa PMI dan petugas Panti Jompo terhadap lansia seperti Jalan sehat, Senam, Baksos, Bukber, kegiatan 17 an, Maulid, Pemeriksaan Kesehatan, pemulasaran, rekreasi dan kerajinan Tangan. Kerajian tangan dilakasanakan di Aula setiap hari rabu, dan dihadiri oleh beberapa lansia, pegawai panti jompo dan mahasiswa PMI sebagai  fasilitator yang mendampingi lansia selama kegiatan berlangsung. Hasil karya dari lansia seperti tasbih, taplak meja, bunga, asbak dan bros.



Tidak ada komentar