Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Postingan Populer

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Mahasiswa Prodi PMI bersama Dinas Sosial Pinrang melaksanakan Pemberdayaan Masyarakat

  Terdapat beberapa program yang dijalankan oleh dinas sosial kabupaten pinrang yaitu; 1) Program Bantuan Sosial Tunai (BST); 2) Program Ban...

 C:\Users\ASUS\AppData\Local\Microsoft\Windows\Temporary Internet Files\Content.Word\IMG-20200916-WA0070.jpg

Terdapat beberapa program yang dijalankan oleh dinas sosial kabupaten pinrang yaitu; 1) Program Bantuan Sosial Tunai (BST); 2) Program Bantuan Bencana Alam; 3) Program Kartu Indonesai Pintar (KIP); dan 4) Bantuan Fakir Miskin. Program-program tersebut ditujukan untuk memberdayakan masyarakat, mereka memberikan bantuan-bantuan tersebut secara kepada masyarakat yang membutuhkan. Misal, untuk bantuan fakir miskin, dinas sosial melakukan survey terlebih dahulu untuk mendapatkan data yang lebih akurat, kemudian diberikan bantuan langsung berupa sembako. Program Bantuan Sosial Tunai (BST), yaitu memberikan bantuan berupa uang tunai sebesar Rp. 300.000,- dengan harapan dapat membantu kehidupan masyarakat, dan juga dapat menggunakan uang tersebut untuk modal tambahan, seperti membuat usaha agar masyarakat lebih bisa mandiri. 

Permaslahan data yang sering kali muncul ialah masyarakat yang dianggap kurang mampu dan butuh dibantu tetapi tidak terdata sedangkan masyarakat yang dianggap mampu malah mendapatkan bantuan. Hal ini memang seringkali terjadi ketika menyalurka bantuan. Hal ini sering terjadi, karna kehidupan sosial dan perkonomian masyarakat seringkali dinamis. Bisa saja dulunya ia masuk kategori miskin, kemudian menjadi mampu beberapa bulan kemudian ataupun sebaliknya yang dulunya mampu tapi kemudian jatuh miskin. Oleh karna itu kesadaran masyarakat yang sudah mampu yang dulu terdata penerimaan bantuan,sebaiknya agar bisa melaporkan dirinya bisa dihapus dan digantikan dengan warga lainnya. Kesalahan pemerintah Dinas Sosial yang ada di Kab. Pinrang itu masih menjalankan data lama yaitu data 2015 otomatis selalu ada permaslahan ketika melakukan atau menyalurkan BANSOS.

Mahasiswa prodi PMI sangat berperan penting dalam mengatasi permasalahan tersebut. Mereka menjadi tim verivikasi dan validasi data dalam menentukan kelayakan penerima manfaat agar tetap sasaran. Dalam hal ini, mereka melakukan pendataan ulang keluarga miskin di wilayah. selanjutnya bersama Dinas Sosial, bekerja sama dalam melakukan pemberian bantuan.


1 komentar

  1. Bismillah
    Assalamualaikum
    Mengenai bantuan BST, apakah diperuntukkan untuk mahasiswa?

    BalasHapus