Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Postingan Populer

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Wakil Rektor Dorong Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa dalam Publikasi Karya Ilmiah

Humas IAIN Parepare --- Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi) menggelar Workshop Digitalisasi d...


Humas IAIN Parepare --- Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam (Fakshi) menggelar Workshop Digitalisasi dan Publikasi Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa di Ruang Seminar Fakshi, Selasa, 19/11/2019.













Kegiatan Workshop tersebut dihadiri dan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang APK, Sitti Jamilah Amin. Hadir juga Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam, Rusdaya Basri, Wakil Dekan 1 dan 2, Budiman dan Agus Muchsin, Ketua Panitia, Fikri, Ketua-ketua Program Studi dan sejumlah dosen Fakshi.





Dekan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum Islam, Rusdaya Basri dalam sambutannya menyampaikan surat edaran Dirjen Pendis Kemenag RI tentang syarat kelulusan mahasiswa program sarjana (S1). "Salah syarat yang harus dipenuhi untuk lulus sebagai sarjana S1 yaitu harus ada publikasi karya tulis ilmiahnya" katanya.





"Untuk itu, kami meminta kepada seluruh Program Studi menyiapkan media publikasi dengan membuat jurnal ilmiah bagi mahasiswa. Jadi, karya ilmiah mahasiswa seperti skripsi dapat dipublikasi di jurnal masing-masing prodi," kata Rusdaya Basri.





Dalam Sambutannya, Sitti Jamilah Amin menyambut dan mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Program Studi Hukum Ekonomi Islam (HES).





"Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada Pragram Studi Hukum Ekonomi Islam yang menyelenggarakan workshop yang sangat dibutuhkan mahasiswa. Untuk saat ini, publikasi karya tulis ilmiah bukan hanya kebutuhan mahasiswa pada tingkat program magister dan doktor, tetapi juga untuk mahasiswa program sarjana (S1)".





Merespon sambutan Dekan Fakshi terkait surat edaran Dirjen, Sitti Jamilah Amin bertanya kepada mahasiswa. Sudah siapkah kita?





"Jadi, workshop ini sangat penting dan menjadi titik awal bagi mahasiswa (peserta) untuk mendalami penulisan karya tulis ilmiah. Mahasiswa harus memiliki kemampuan untuk menulis karya tulis ilmiah. Dan ke depannya, karya tulis tersebut harus dipublikasikan".





"Untuk publikasi ini, dosen dan mahasiswa bisa berkolaborasi. Kolaborasi dosen dan mahasiswa bisa dilakukan, khususnya bagi dosen yang terlibat pembimbingan skripsi mahasiswa. Silahkan para dosen pembimbing mengarahkan mahasiswa bimbingannya dengan baik. Agar karya-karya tersebut dapat dipublikasikan sebagai karya kolaboratif dosen dan mahasiswa".





"Saya setuju dengan rencana ibu Dekan untuk membuat Jurnal Ilmiah bagi setiap program studi. Itu bagus untuk lembaga, khususnya kepentingan akreditasi. Karya ilmiah mahasiswa dan dosen yang dipublis dalam jurnal tersebut akan memberikan nilai yang tinggi dalam memenuhi standar akreditasi".





"Dan itu, sudah dirintis di beberapa program studi. Misalnya Jurnal Banco di Program Studi Perbankan Syariah. Skripsi-skripsi mahasiswa sudah dipublis di jurnal tersebut," demikian paparan Sitti Jamilah Amin dalam memberikan arahannya pada acara tersebut.


Tidak ada komentar