Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Postingan Populer

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

PMI IAIN Parepare dan Komunitas Kampung Penyu Lembang Mengadakan Kerjasama sekaligus Pelepasan Tuki Bersama

 PMI IAIN Parepare dan Komunitas Kampung Penyu Lembang Mengadakan Kerjasama sekaligus Pelepasan Tuki Bersama Minggu 16/06/2024 program studi...

 PMI IAIN Parepare dan Komunitas Kampung Penyu Lembang Mengadakan Kerjasama sekaligus Pelepasan Tuki Bersama


Minggu 16/06/2024 program studi Pengembangan Masyarakat Islam dan Komunitas Kampong Penyu Lembang mengadakan kerjasama sekaligus pelepasan tuki bersama di pantai Salopi, Desa Binanga Karaeng. 

Kegiatan ini sebagai bagian dari kegiatan rangkaian kolaborasi keduanya, yang menjadi awal untuk kegiatan selanjutnya yang digagas bersama. 

Hadir dalam kegiatan ketua program studi PMI Afidatul Asmar, Ketua HMPS PMI Putri, serta pengurus komunitas Kampong Penyu Lembang. 

Dari hasil lapangan, lubang konservasi penyu yang  menetas dan menghasilkan tuki kemudian dilepas kembali ke habitatnya di laut. 

Menurut ketua Kampong Penyu Lembang,  Paddi "bahwa bulan 4 hingga 6 adalah puncak penyu akan naik untuk bertelur, sehingga teman komunitas akan berjaga dari para penjual telur. Inilah yang kami tawar sebagai bagian untuk konservasi ".

"Kami tawar untuk kemudian kami masukkan ke lubang-lubang yang kami siapkan untuk proses penetasan. Sehingga kami membuka ke masyarakat juga dari satu lubang untuk pengadopsi telur tersebut, dimana satu lubang bisa sampai 50-100 telur dengan harga 200 ribu, meskipun kami dan teman-teman juga mengadakan penjagaan terhadap penyu yang juga naik untuk bertelur", tegas Paddi. 

Tidak lupa juga kami ucapan dan apresiasi dari teman-teman komunitas, kepada Prodi PMI IAIN Parepare yang ingin bersama dan mengadakan kegiatan hari ini, artinya harapan kami bukan hanya hari ini tapi juga kedepannya. 




Disisi lain ketua Prodi PMI IAIN Parepare, Afidatul Asmar menyambut positif gerakan teman-teman komunitas Kampong Penyu Lembang, dimana konservasi penyu merupakan bagian dari ruang lingkup, visi misi dan laboratorium praktek bagi Prodi PMI. Sekaligus menjadi bagian didalam memperkenalkan Prodi PMI pada khususnya dan kampus IAIN Parepare pada umumnya di masyarakat. 

Lebih jauh dijelaskan "Insya Allah kedepan kami akan melanjutkan hasil dari kegiatan hari ini, berupa program Prodi yang sudah kami buat dalam konsep penelitian, pengabdian dan sosialisasi Prodi PMI IAIN Parepare". 

"Kegiatan selanjutnya kami mengajak pihak kampus dalam hal ini dosen, mahasiswa, serta sekolah disekitar kampung penyu Lembang, ada dua sekolah SMA Negeri 8 Pinrang dan SMK Negeri 9 Pinrang, karena melihat pendaftar Prodi di beberapa tahun, dua sekolah ini penyumbang di prodi, selain sekolah di kabupaten Sidrap".

Putri selaku ketua HMPS PMI IAIN Parepare merasa "kegiatan dan sambutan teman-teman komunitas kampong penyu Lembang bisa menjadi tempat kami kedepan juga praktek secara nyata dari ilmu yang diperoleh dari bangku perkuliahan".

Diakhir kegiatan tuki-tuki kemudian dilepas ke laut sekaligus mengadakan photo bersama kedua lembaga. 





Tidak ada komentar