Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Postingan Populer

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

Pendampingan Eduwisata Desa berbasis Sistem Informasi Geografis sekaligus Perjanjian Kerjasama bersama Pemerintah Kecamatan Lembang

 Pendampingan Eduwisata Desa berbasis Sistem Informasi Geografis sekaligus Perjanjian Kerjasama bersama Pemerintah Kecamatan Lembang   PMI I...

 Pendampingan Eduwisata Desa berbasis Sistem Informasi Geografis sekaligus Perjanjian Kerjasama bersama Pemerintah Kecamatan Lembang

 

PMI IAIN Parepare-Minggu 15/09/2024 program studi Pengembangan Masyarakat Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Parepare melaksanakan kegiatan pendampingan eduwisata berbasis sistem informasi geografis sekaligus perjanjian kerjasama pemerintah Kab. Pinrang Kec. Lembang. 

Kegiatan yang bertempat di pantai Salopi Desa Binanga Karaeng Kecamatan Lembang Kabupaten Pinrang ini dihadiri langsung oleh Camat lembang, Dekan FUAD IAIN Parepare, Kaprodi PMI, DTPS PMI, HMPS PMI, Mahasiswa PMI, Komunitas Kampung Penyu, serta perwakilan sekolah SMA Negeri 8 Pinrang dan SMK Negeri 9 Pinrang

Dalam laporan Ketua program studi PMI IAIN Parepare, Afidatul Asmar menyampaikan tujuan kegiatan ini menjadi bagian dari proses untuk mengembangkan potensi prodi. "Dengan hadirnya pak Camat kami berharap kedepan mahasiswa dari PMI saat di kirim baik di pemerintah kecamatan maupun 15 desa dan kelurahan dengan arahan pak Camat dapat berjalan dengan baik"

Lebih lanjut dijelaskan "Eduwisata desa jadi pilihan karena kami menggandeng hari ini juga teman-teman komunitas kampung penyu Salopi yang sejalan dengan visi keilmuan prodi terkait pembangunan berkelanjutan. Sedangkan sistem informasi geografis nantinya akan kami jadikan modul program disetiap desa dalam membangun informasi berbasis digital"

"Jadi kesimpulan kami akan menjadikan program kedepan bisa berupa MBKM, PPL, serta penelitian dan pengabdian baik dalam taraf nasional maupun internasional".

Dalam sambutan camat Lembang, Muhammad Yusuf Nur menegaskan "Program yang dilaksanakan Prodi PMI IAIN Parepare ini menjadi salah prioritas kami didalam membangun kerjasama di semua sektor, apalagi berbasis digital. Pastinya kami dukung, kami siap mendampingi ke setiap kelurahan dan desa yang ada di kecamatan Lembang"

"Salah satu yang bisa kami pastikan Kec Lembang khusus nya salopi ini bagian dari geopark dari kemenpraf, sehingga potensi eduwisata pastinya banyak yang perlu di infokan yang menarik dan belum diketahui orang disekitar, tegas camat Lembang".

Sambutan Dekan FUAD IAIN Parepare A. Nurkidam menyampaikan "terimakasih dan penghargaan bagi Camat Lembang atas kehangatan dan keterbukaan dalam kegiatan hari ini. Begitu pun kegiatan anak-anak kami khususnya prodi PMI kedepan".

Di sisi lain kegiatan hari ini bagi mahasiswa kami menjadi bagian praktek dari ilmu yang diperoleh dari kampus. "Sesuai visi misi kampus sekaligus melaksanakan Tridharma perguruam tinggi. Jadi bisa dilaksanakan dari pendidikan, penelitian dan pengabdian".

Setelah sesi pembukan dan penandatanganan kerjasama antara kec. Lembang dan Fakultas juga dilanjut antara pemerintah kec. Lembang dan prodi PMI. 

Dilanjutkan kegiatan materi yang pada sesi pertama disampaikan oleh pihak komunitas kampung penyu. Materi langsung dibawakan ketua umum Supriadi dan sekertaris umum Edzwan Patiroi. 

Dalam penyampaiannya "Rekapitulasi Sarang Kampong penyu yang selama ini telah kami konservasi; (2338 Butir telur) pada tahun 2021 dengan 29 jumlah sarang-(3978 Butir telur) pada tahun 2022 dengan 42 jumlah sarang. (1380 Butir telur) pada tahun 2023 dengan 16 jumlah sarang

Lebih lanjut "Desa Binanga Kareang memiliki garis pantai 2 km dan habitat peneluran penyu Lekang pada April-Juni (puncak peneluran Bulan Mei) setiap tahunnya. Selain penyu, terdapat ekosistem terumbu karang di pantai Salopi".

Materi kedua disampaikan oleh Dosen Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam Selvy Anggraini " SIG yg di hasil kan dari peta baik peta kacamatan kota dan lain-lain tergantung apa saja. Informasi tentang desa yg mana ada sawahnya ada kebunya dan lain". 

"Ada beberapa perangkat yg di pakai Perangkat keras, kita akan memakai GPS untuk melihat; Printer; Arkir/ kigis atau google pro.

Akhir kegiatan plakat dan karya yang dihasilkan oleh mahasiswa dan dosen PMI IAIN Parepare dalam bentuk buku juga diberikan kepada pemateri. 

Kegiatan ini juga menjadi ajang silaturrahim bagi mahasiswa angkatan baru prodi PMI yang yang di inisiatif bersama HMPS PMI 







Tidak ada komentar